Sebelum membahas tentang mekanika dari game Vegebro ini, saya ingin
memberitahukan bahwa game vegebro ini adalah game pengganti dari Game
Vegebro yang kami ingin buat sebelumnya. Game Vegebro kami ganti karena
menurut kami Game Vegebro kurang menantang untuk sebuah game karena
permainannya yang sangat statis dengan menekan tombol di satu garis
saja. Selain itu faktor teknis juga mempengaruhi pergantian Game Vegebro
yang kami buat. Kami belum bisa membuat fungsi untuk bisa menekan garis
panjang pada sandi morse. Untuk itu kami akhirnya memilih untuk membuat
sebuah game baru yang lebih menantang dengan fungsi dalam game yang
bisa kami buat.
Vegebro adalah game edukasi untuk anak-anak agar
memakan makanan yang sehat seperti buah-buahan dan sayur-sayuran. Cara
bermain game Vegebro ini sama hampir mirip seperti game guitar
hero–dimana pemain diharuskan menekan tombol-tombol yang muncul.
Rata-rata pasti sudah tahu kan game guitar hero seperti apa?
Bedanya
game Vegebro dengan guitar hero adalah bentuk tombol yang keluar. Dalam
vegebro yang keluar bukanlah tombol melainkan gambar sayur-sayuran.
Selain itu, terdapat gambar junk food yang tidak boleh ditekan oleh
pemain.
Oke sekarang kita masuk ke dalam mekanika game Vegebro. Dalam Game Vegebro terdapat mekanika seperti apa aja sih?
Di sini kita akan membahas tentang :
1. Space (ruang) di Game Vegebro
2. Objek, atribut dan state (keadaan) di Game Vegebro
3. Aksi di Game Vegebro
4. Aturan di Game Vegebro
5. Keterampilan di Game Vegebro
6. Peluang di Game Vegebro
SPACE
Game Vegebro ini hanya akan dimainkan dalam ruang dua dimensi dengan tempat yang tetap (tidak berpindah-pindah) atau diskrit.
OBJEK, ATRIBUT, DAN STATE
Objek
yang berada di game Vegebro ini adalah gambar sayur-sayuran dan gambar
junk food. Atribut dari game ini adalah kecepatan gambar yang akan
muncul dan nantinya harus ditekan atau dihindari dan juga nilai-nilai
yang berbeda dijenis sayuran yang berbeda. State dari permainan ini
adalah kecepatan lambat yang akan terjadi di 1-10 sayuran pertama,
kecepatan normal pada sayuran ke 11-40, dan kecepatan maximum pada huruf
41-selesai.
AKSI
Aksi dalam game adalah menekan gambar sayur yang muncul dan menghindari/tidak menekan gambar junk food yang muncul.
ATURAN
Dalam
game ini, pemain harus menekan tombol agar dapat mengenai sayuran yang
akan melewati garis yang telah ditentukan (operation rules). Jika sayur
telah melewati garis tanpa ditekan maka akan kita kehilangan satu nyawa.
Selain itu, jika junk food muncul maka kita harus menghindari/tidak
menekan junk food tersebut. jika junk food tersebut ditekan maka kita
akan kehilangan satu nyawa. Sebaliknya, jika kita berhasil menekan
sayuran yang muncul maka kita akan mendapatkan poin dan akan naik level
(foundation rules).
Di game Vegebro ini terdapat tiga nyawa yang
dimiliki pemain agar tetap bisa bermain. Jika nyawa yang dimiliki pemain
habis maka permainan akan berakhir.
KETERAMPILAN
Keterampilan
yang dibutuhkan di game ini adalah kelincahan dan kefokusan pemain.
Dalam game ini, pemain harus lincah dalam menekan tombol ketika gambar
sayur-sayuran muncul. Semakin cepat game maka jari harus semakin lincah
dalam menekan tombol. Pemain juga harus fokus terhadap sayur-sayuran
yang muncul. Pemain harus bisa mengetahui kapan harus menekan tombol
untuk sayuran dan kapan untuk tidak menekan tombol ketika junk food
muncul.
PELUANG
Dalam game ini pemain memiliki peluang 90%
untuk melewati level mudah, karena pada level ini gambar hanya akan
muncul dengan lambat dan sedikit sehingga kemungkinan pemain melewati
level ini tinggi.
Pemain memiliki peluang 50% untuk melewati level
normal, karena pada level ini variasi gambar yang muncul akan bervariasi
antara sayur-sayuran dan junk food dan kecepatan munculnya gambar akan
lebih cepat. Dan terakhir pemain memiliki 30% peluang untuk memenangkan
game dan melewati game di dalam level sulit, karena di level ini
kecepatan gambar yang muncul akan lebih cepat dan jumlah sayuran yang
harus diambil juga lebih banyak.
Demikian Mekanika dari game yang
akan kami buat, yaitu Game Vegebro. Mekanika ini dapat berubah sesuai
dengan perubahan yang terjadi dalam pembuatan game. Dan jika masih ada
kesalahan kata-kata dalam artikel ini atau dalam penyusunan mekanika
yang kami buat, kami mohon maaf. Terima kasih atas kunjungan dan
waktunya, kami ucapkan TERIMA KASIH ^^
Tidak ada komentar:
Posting Komentar