Selasa, 07 Juli 2015

MEKANIKA GAME VEGEBRO

Sebelum membahas tentang mekanika dari game Vegebro ini, saya ingin memberitahukan bahwa game vegebro ini adalah game pengganti dari Game Vegebro yang kami ingin buat sebelumnya. Game Vegebro kami ganti karena menurut kami Game Vegebro kurang menantang untuk sebuah game karena permainannya yang sangat statis dengan menekan tombol di satu garis saja. Selain itu faktor teknis juga mempengaruhi pergantian Game Vegebro yang kami buat. Kami belum bisa membuat fungsi untuk bisa menekan garis panjang pada sandi morse. Untuk itu kami akhirnya memilih untuk membuat sebuah game baru yang lebih menantang dengan fungsi dalam game yang bisa kami buat.

Vegebro adalah game edukasi untuk anak-anak agar memakan makanan yang sehat seperti buah-buahan dan sayur-sayuran. Cara bermain game Vegebro ini sama hampir mirip seperti game guitar hero–dimana pemain diharuskan menekan tombol-tombol yang muncul. Rata-rata pasti sudah tahu kan game guitar hero seperti apa?
Bedanya game Vegebro dengan guitar hero adalah bentuk tombol yang keluar. Dalam vegebro yang keluar bukanlah tombol melainkan gambar sayur-sayuran. Selain itu, terdapat gambar junk food yang tidak boleh ditekan oleh pemain.

Oke sekarang kita masuk ke dalam mekanika game Vegebro. Dalam Game Vegebro terdapat mekanika seperti apa aja sih?
Di sini kita akan membahas tentang :
1.    Space (ruang) di Game Vegebro
2.    Objek, atribut dan state (keadaan) di Game Vegebro
3.    Aksi di Game Vegebro
4.    Aturan di Game Vegebro
5.    Keterampilan di Game Vegebro
6.    Peluang di Game Vegebro
SPACE
Game Vegebro  ini hanya akan dimainkan dalam ruang dua dimensi dengan tempat yang tetap (tidak berpindah-pindah) atau diskrit.

OBJEK, ATRIBUT, DAN STATE
Objek yang berada di game Vegebro ini adalah gambar sayur-sayuran dan gambar junk food. Atribut dari game ini adalah kecepatan gambar yang akan muncul dan nantinya harus ditekan atau dihindari dan juga nilai-nilai yang berbeda dijenis sayuran yang berbeda. State dari permainan ini adalah kecepatan lambat yang akan terjadi di 1-10 sayuran pertama, kecepatan normal pada sayuran ke 11-40, dan kecepatan maximum pada huruf 41-selesai.

AKSI
Aksi dalam game adalah menekan gambar sayur yang muncul dan menghindari/tidak menekan gambar junk food yang muncul.

ATURAN
Dalam game ini, pemain harus menekan tombol agar dapat mengenai sayuran yang akan melewati garis yang telah ditentukan (operation rules). Jika sayur telah melewati garis tanpa ditekan maka akan kita kehilangan satu nyawa. Selain itu, jika junk food muncul maka kita harus menghindari/tidak menekan junk food tersebut. jika junk food tersebut ditekan maka kita akan kehilangan satu nyawa. Sebaliknya, jika kita berhasil menekan sayuran yang muncul maka kita akan mendapatkan poin dan akan naik level (foundation rules).
Di game Vegebro ini terdapat tiga nyawa yang dimiliki pemain agar tetap bisa bermain. Jika nyawa yang dimiliki pemain habis maka permainan akan berakhir.

KETERAMPILAN
Keterampilan yang dibutuhkan di game ini adalah kelincahan dan kefokusan pemain. Dalam game ini, pemain harus lincah dalam menekan tombol ketika gambar sayur-sayuran muncul. Semakin cepat game maka jari harus semakin lincah dalam menekan tombol. Pemain juga harus fokus terhadap sayur-sayuran yang muncul. Pemain harus bisa mengetahui kapan harus menekan tombol untuk sayuran dan kapan untuk tidak menekan tombol ketika junk food muncul.

PELUANG
Dalam game ini pemain memiliki peluang 90% untuk melewati level mudah, karena pada level ini gambar hanya akan muncul dengan lambat dan sedikit sehingga kemungkinan pemain melewati level ini tinggi.
Pemain memiliki peluang 50% untuk melewati level normal, karena pada level ini variasi gambar yang muncul akan bervariasi antara sayur-sayuran dan junk food dan kecepatan munculnya gambar akan lebih cepat. Dan terakhir pemain memiliki 30% peluang untuk memenangkan game dan melewati game di dalam level sulit, karena di level ini kecepatan gambar yang muncul akan lebih cepat dan jumlah sayuran yang harus diambil juga lebih banyak.

Demikian Mekanika dari game yang akan kami buat, yaitu Game Vegebro. Mekanika ini dapat berubah sesuai dengan perubahan yang terjadi dalam pembuatan game. Dan jika masih ada kesalahan kata-kata dalam artikel ini atau dalam penyusunan mekanika yang kami buat, kami mohon maaf. Terima kasih atas kunjungan dan waktunya, kami ucapkan TERIMA KASIH ^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar