Selasa, 26 Mei 2015

MEKANIKA MORSE GAME

Sebelum masuk ke mekanika, kami ingin memperkenalkan game kami terlebih dahulu, yaitu Morse Game. Morse Game adalah permainan tentang pengenalan sandi morse dengan cara memainkannya seperti game guitar hero. Rata-rata pasti sudah tahu kan game guitar hero seperti apa. Bedanya Morse Game ini menggunakan peluit untuk membunyikan sandi morse berdasarkan sandi dari huruf atau kata-kata yang keluar. Dan perbedaan yang paling mencolok dari game ini dari guitar hero adalah, di game ini hanya ada satu line untuk garis dan titik yang akan muncul.
Oke sekarang kita masuk ke dalam mekanika morse game. Dalam Morse Game terdapat mekanika seperti apa aja sih?

Di sini kita akan membahas tentang :
  1. Space (ruang) di Morse Game
  2. Objek, atribut dan state (keadaan) di Morse Game
  3. Aksi di Morse Game
  4. Aturan di Morse Game
  5. Keterampilan di Morse Game
  6. Peluang di Morse Game
SPACE
Morse Game ini hanya akan dimainkan dalam ruang dua dimensi dengan tempat yang tetap (tidak berpindah-pindah) atau diskrit.

OBJEK, ATRIBUT, DAN STATE
Objek yang berada di Morse Game ini hanyalah garis dan titik yang merepresentasikan sandi morse dari tiap-tiap huruf. Atribut dari game ini adalah kecepatan gerak garis dan titik yang akan muncul an nantinya harus ditekan. Dan statenya adalah kecepatan lambat yang akan terjadi di 1-10 huruf pertama, kecepatan normal pada huruf 11-20, dan kecepatan maximum pada huruf 21-selesai.

AKSI
Dalam Morse Game hanya terdapat satu operative action yaitu meniup peluit dengan cara menekan tombol sesuai dengan sandi yang muncul. Sedangkan resultant actionnya adalah meniup peluit pendek untuk menekan titik dan meniup peluit panjang untuk menekan sebuah garis.

ATURAN
Dalam game ini, pemain harus menekan tombol agar dapat mengenai sandi-sandi yang akan melewati garis yang telah ditentukan (operation rules). Jika sandi telah melewati garis maka Anda dianggap gagal untuk memenuhi sandi tersebut dan Anda akan kehilangan satu 'change'. Sebaliknya, jika Anda berhasil menekan sandi-sandi yang muncul maka Anda akan mendapatkan poin dan akan naik level (foundation rules).

Di Morse Game ini terdapat beberapa change yang dimiliki pemain agar tetap bisa bermain. Jika change yang dimiliki pemain habis maka permainan akan berakhir.
KETERAMPILAN
Keterampilan yang dibutuhkan di game ini adalah kelincahan dan kefokusan pemain. Dalam game ini, pemain harus lincah dalam menekan tombol ketika sandi-sandi muncul. Semakin cepat game maka jari harus semakin lincah dalam menekan tombol. Pemain juga harus fokus terhadap sandi-sandi yang muncul. Pemain harus bisa mengetahui kapan harus menekan tombol cukup lama dan kapan menekan tombol dengan cepat. Pemain juga harus melihat sandi  kata atau huruf apa yang akan muncul di layar. Jika pemain memiliki keterampilan di dunia nyata lainnya seperti sudah hafal sandi morse maka hal tersebut juga dapat membantu pemain dalam memainkan game ini. Diharapkan setelah bermain Morse game ini pemain jadi lebih mengenal dan memahami sandi-sandi morse yang ada dan dapat membantu dalam pembelajaran sandi morse.

PELUANG
Dalam game ini pemain memiliki peluang 50% untuk melewati level mudah, karena pada level ini sandi hanya akan muncul dengan lambat sehingga kemungkinan pemain melewati level ini lumayan tinggi.
Pemain memiliki peluang 30% untuk melewati level normal, karena pada level ini variasi huruf dan kata-kata yang muncul akan lebih sulit dan kecepatan munculnya sandi akan lebih cepat. Dan terakhir pemain memiliki 20% peluang untuk mendapatkan skor yang tinggi di dalam level sulit, karena di level ini bukan hanya huruf yang muncul tetapi kata-kata bahkan kalimat yang sandinya akan bermunculan dengan cepat.

Demikian Mekanika dari game yang akan kami buat, yaitu Morse Game. Mekanika ini dapat berubah sesuai dengan perubahan yang terjadi dalam pembuatan game. Dan jika masih ada kesalahan kata-kata dalam artikel ini atau dalam penyusunan mekanika yang kami buat, kami mohon maaf. Terima kasih atas kunjungan dan waktunya, kami ucapkan TERIMA KASIH ^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar