Kamis, 06 Februari 2014

SPAM, SPAM EVERYWHERE !!!

Spam, apa kalian tahu apa itu spam?
                Spam adalah penggunaan perangkat elektronik untuk mengirimkan pesan secara bertubi-tubi tanpa dikehendaki oleh penerimanya(lagi-lagi saya berhutang sama om wiki). Awalnya penulis tidak tahu apa itu spam. Namun, semenjak berobat ke klinik tong fang dan diuji 15 hari di itb dan ipb penulis baru tahu(opo toh iki ?? -_-). 

                Spam, jika mendengar kata tersebut sangat identik dengan sesuatu yang sangat mengganggu. Seperti pengertiannya diatas sifat spam sangat mengganggu karena keberadaannya tidak diinginkan oleh penerimanya. Bayangkan saja jika di tengah malam anda memesan satu bungkus nasi goreng namun tiba-tiba penjual nasi goreng memberi anda 5 buah nasi goreng pasti anda sangat bingung karena yang anda pesan hanya satu bungkus tentunya hal tersebut sangat mengganggu(mungkin penulis mulai lapar..). 

                Sesuatu dikatakan spam jika pengirimannya secara masal atau bertubi-tubi kesemua orang. Bahkan seseorang yang mengirim pesan kebanyak orang tanpa ada niat mengganggu pun dapat dikatakan spam. Peredaran spam sangat luas, dimulai dari surat elektronik, pesan singkat atau sms, sampai di jejaring sosial.

                Di surat elektronik spam biasanya terjadi ketika seseorang mengirim email yang sama ke banyak orang maka pesan tersebut akan masuk kedalam kotak spam. Lain halnya di pesan singkat, pengirim biasanya benar-benar orang yang tidak memiliki niat baik. Contohnya saja yang pernah booming akhir-akhir lalu adalah pesan singkat mama minta pulsa. Penulis bahkan sempat dikirm beberapa pesan tersebut oleh orang yang tak bertanggung jawab. Ada juga teknik iklan menggunakan media sosial seperti menjual produknya di jejaring sosial yang secara bertubi-tubi mengirimnya kesemua orang. Tentulah hal tersebut sangat mengganggu pengguna lainnya karena dapet memenuhi notif.

                Nah, ada juga yang baru-baru ini terjadi, yaitu model spam terbaru. Kalian tahu bukan apa itu auto like? Ya menurut penulis hal tersebut adalah spam walaupun niatnya adalah menyukai status kita namun keberadaannya sangat mengganggu. Kenapa sih pake auto like? Apa facebook digunakan hanya untuk mencari like? Jangan-jangan facebook mengadakan lomba pemilik like terbanyak dan pemenangnya akan mendapatkan hadiah(mikir keras..). Bicara tentang spam, penulis juga kadang menjadi spammer(seseorang yang melakukan spam). Contohnya ya tidak lain adalah pengiklanan blog ini. Ya mau gimana lagi ini semua demi nilai T_T(maaf ya kawan-kawan). 

               
          Dan yang paling baru adalah auto tag, yaitu mesin yang secara otomatis mengirim tag kepada orang-orang yang berhubungan dengan kita padahal kita tidak pernah mengirim tag tersebut. Contoh gambarnya seperti disamping. Sudah banyak teman penulis yang menjadi korban. Iming-imingnya banyak sekali, dimulai dari trik cara mengetahui password orang lain sampai trik menghack facebook orang lain(makanya jangan pernah punya niat buruk, baru tahu rasakan akibatnya kalo udah kepo :-p). Prinsip auto tag yaitu kita mengklik sebuah link yang katanya berisi sebuah tutorial tapi ternyata link tersebut hanya berisikan sebuah script yang berfungsi untuk mengirim tag secara otomatis ke semua teman kita jika kita mengkliknya. Mudahnya sih seperti kita menandatangani sebuah persetujuan bahwa kita akan mengirim tag keteman kita namun kita tidak tahu akan persetujuan tersebut.

                Berhati-hatilah dalam menggunakan media elektronik jangan sampai kita menjadi korban spam atau bahkan menjadi spammer itu sendiri. Jadilah pengguna yang baik, kirimlah sesuatu yang bermanfaat dan seperlunya saja. Mungkin sampai situ saja yang penulis bisa sampaikan. Maaf jika dalam penulisan masih banyak yang salah maka dari itu penulis membutuhkan komentarnya dari pembaca. Sampai jumpa di posting berikutnya ^_^.

sumber yang penulis gunakan :
id.wikipedia.org/wiki/Spam
gambar : www.watchinga.com

Nama : Fajar Ramadhan Hidayah
NIM : 202138371086193
Nama Dosen : Onno W. Purbo
Kampus     : Surya Unversity


15 komentar:

  1. Alhamdulillah saya masih bisa mengatur spammer di fb.. tp belum mencoba pada yg lainnya wkwkwk >.<

    BalasHapus
  2. Alhamdulillah saya masih bisa mengatur spammer di fb.. tp belum mencoba pada yg lainnya wkwkwk >.<

    BalasHapus
  3. spam spam spam -_-

    BalasHapus
  4. untung ane bukan spammer :D nice post om,,,

    BalasHapus
  5. spam? :v,emang kadang menjengkelkan....makasih infonya...

    BalasHapus
  6. emang bikin gak nyaman banget, kadang suka ketipu juga tuk

    BalasHapus
  7. every second, every minute, every hour, everyday, its never end

    BalasHapus
  8. Bakat spam nih :D
    Info menarik . lanjutkan
    kunjungi ya http://egadewaa.blogspot.com

    BalasHapus
  9. Warinih Mada Wahir18 Maret 2014 pukul 18.41

    Iya spam khususnya yang di facebook itu mengganggu saya. Auto tag :3

    BalasHapus
  10. nice posy fajar indramayu~
    selamat berlibur dan semoga hasil UAS tidak mengecewakan ~

    BalasHapus